Langsung ke konten utama

Postingan

Contoh video pengimbasan AKM

Contoh video pengimbasan AKM Pada 22 Desember 2020 lalu, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan telah  meluncurkan Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) secara  virtual melalui YouTube. A.  Tujuan guru belajar seri AKM Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan program  pembelajaran yang dirancang untuk membantu para Guru/Kepala Sekolah/Pengawas  SD, SMP, SMA/SMK dan PKBM sederajat dalam memahami tujuan, konsep dan bentuk  pelaksanaan Asesmen Nasional, serta dapat menganalisis contoh asesmen literasi  membaca dan numerasi pada Asesmen Kompetensi Minimum. B.  Tahapan Program Guru Belajar Seri AKM Program Guru Belajar ini terdapat 2 tahapan. 1. Bimtek. Pada tahap ini peserta terlebih dahulu mengikuti Orientasi yang  membekali peserta mengenai latar belakang, tujuan umum, kebijakan dan alur  program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum. Pada tahap Bimtek,  peserta akan mengikuti pembelajaran mengenai konsep Asesmen Nasional,

Contoh tugas laporan praktik baik (Tugas diklat guru belajar) dan poster

Saat anda mengikuti diklat guru belajar tugas diakhir anda harus mengumpulkan tulisan praktik baik beserta poster yang telah anda laksanakan di sekolah saat anda mengajar. Berikut ini saya berikan contoh tulisan praktik baik. Sekolah tempat saya mengajar sudah melaksanakan kombinasi PTM (Pertemuan tatap muka) dan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) sejak awal tahun pembelajaran 2020/2021. Tentunya hal ini sangat membantu saya untuk tetap mengingatkan siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran secara PJJ.  PJJ saya isi dengan materi yang belum mereka dapat saat PTM berlangsung.  PTM saya isi dengan refleksi materi pembelajaran yang saya sajikan saat PTM.  Kendala yang saya hadapi yaitu siswa tidak memperdulikan materi yang saya upload di google drive saat PJJ, dan hanya bergantung pada materi saat PTM. Tentunya ini akan memakan banyak waktu,  sedangkan waktu PTM hanya terbatas.   Setelah mendapatkan materi dari bimtek tahap 1, saya paham kesalahan saya yakni tidak memberikan tes diagnostik

Contoh Rancangan aktualisasi CPNS Guru

  Merancang kegiatan aktualisasi bertujuan untuk memberikan kesempatan sekaligus tantangan pada peserta Latsar untuk menuangkan hasil belajar yang telah diperoleh selama pembelajaran di kelas. Menyusun Rancangan Aktualisasi di tempat kerja ( sekolah untuk CPNS guru) adalah kegiatan yang paling penting dan merupakan inti dari pelatihan dasar CPNS. Peserta harus mampu memberikan solusi atas isu yang terjadi di tempat kerja Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat dalam membuat rancangan aktualisasi antara lain: 1.       Isu yang diangkat benar-benar terjadi di tempat kerja Pengambilan isu merupakan langkah awal untuk merancang aktualisasi. Peserta harus mampu mengambil isu yang dianggap paling urgen dan harus segera ditemukan solusinya mengguanakan tool tertentu. Baca juga: Isu yangdapat diangkat dalam aktualisasi CPNS Guru 2.       Tahapan-tahapan kegiatan yang bisa terlaksana dalam masa habituasi. Coach akan meyarankan minilal 7 tahapan kegiatan dalam pelaksanaan aktual

Contoh Judul aktualisasi CPNS Guru

Menetapkan isu (masalah utama) dalam membuat rancangan aktualisasi menjadi langkah awal sebelum ke tahap selanjutnya. Beberapa masalah yang sering kita temui dalam bidang pendidikan/guru antara lain: 1.       Rendahnya motivasi belajar 2.       Nilai siswa rendah 3.       Kesadaran siswa atas kebersihan yang kurang 4.       Banyak siswa yang terlambat 5.       Siswa sering membolos/ tidak masuk sekolah tanpa keterangan 6.       Jumlah siswa yang sedikit 7.       Media pembelajaran 8.       Kurangnya minat baca siswa Dari beberapa masalah diatas anda dapat membuat rancangan aktulisasi dengan menerapkan 1.       Strategi/model pembelajaran Contoh judul : Optimalisasi Hasil Belaja Siswa di SDN……… Melalui Model Pembelajaran Kooperatif 2.       Penggunaan media pembelajaran Contoh : Pennggunaan Kartu Huruf Bergambar”   untuk menanamkan nilai ilmu pengetahuan dan keterampilan    siswa   kelas   2 SDN…. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas VI SDN ….. melalui Pengg

Contoh laporan aktulisasi CPNS Guru

Setelah melakukan habitusi peserta LATSAR (Latihan Dasar) CPNS diwajibkan membuat laporan aktualisasi. Setiap peserta pelatihan dituntut untuk mampu mengaktualisasikan substansi materi pembelajaran ANEKA (akuntabilitas,   nasionalisme,   etika publik,   komitmen   mutu,   dan   anti   korupsi)   yang telah dipelajari melalui proses habituasi. Dengan demikian proses pelaksanaan habituasi menjadi landasan dalam penulisan laporan aktualisasi. Source : Pixabay Seringkali pembuatan laporan aktualisasi cpns menjadi momok bagi peserta LATSAR CPNS. Mengapa demikian? Peserta hanya mendapatkan waktu dua hari dalam membuat laporan aktualisasi. Pada hari pertama Widyaswara akan memberikan bimbingan pra evaluasi aktualisasi dalam kelompok-kelompok kecil. Pada tahap ini peserta sudah harus menyiapkan draf laporan aktualisasi lengkap dari bab awal sampai lampiran. Sedangkan pada hari selanjutnya peserta LATSAR CPNS diberikan kesempatan untuk menyempurnakan laporan aktualisasi atas dasar masukan dari

Validitas Model Pembelajaran Kooperatif

Mod el Pembelajaran Kooperatif memiliki validitas yang ditinjau dari dukungan teoritis dan empiris. a.       Validitas Secara Teoritis Teori pembelajaran kooperatif berdasarkan pada teori Teori konstruktivis,   Teori demokrasi kelas, dan pengalaman belajar 1)       Teori Konstruktivis Teori konstruktivis dari pembelajaran dengan penekanan siswa membutuhkan untuk menginvestigasi lingkungan mereka dan membangaun pengetahuan yang bermakna dengan secara individu.   Menurut Piaget siswa dari berbagai usia secara aktif terlibat dalam proses mendapatkan informasi dan membangun pengetahuan mereka sendiri. Pengetahuan tidak tetap tetapi secra konstan berkembang dan berubah karena siswa berhadapan dengan pengalaman-pengalaman baru yang memebrikan kekuatan bagi siswa untuk membangun dan memodifikasi pengetahuan awal. 2)       Teori demokrasi kelas Pada tahun 1916 John   Dewey   menulis Democracy and Education tentang kelas demokrasi. Konsep Dewey menjelaskan bahwa kelas   seharusnya