Langsung ke konten utama

Petunjuk Penggunaan LKPD

Lembar kerja peserta didik (LKPD) merupakan sarana penting dalam keterlaksanaan kegiatan belajar. LKPD berisi tagihan tugas yang harus dikerjakan siswa guna menunjang ketercapaian tujuan pembelajaran. Agar siswa mudah memahami tagihan tugas yang ada dalam LKPD maka perlu disusun petunjuk penggunaan LKPD. 

Petunjuk penggunaan LKPD disesuaikan dengan tujuan serta tuntutan dalam LKPD tersebut. Untuk LKPD berbasis praktikum maka perlu di jelaskan cara menggunakan alat praktikum serta sifat bahan kimia yang digunakan dalam petunjuk penggunaan LKPD. Selain itu juga perlu dicantumkan keselamatan kerja saat melaksanakan praktikum. Sedangkan untuk LKPD non praktikum harus disertai dengan petunjuk pengerjaan soal yang jelas.

Baca juga : 

Desain bahan ajar yang menarik

LKPD yang menarik beserta tempatnya 

Secara umum, petunjuk penggunaaan LKPD sebagai berikut :

  1. Menuliskan identitas nama, kelas dan no absen di sampul depan LKPD
  2. Menggunakan bolpen warna hitam sebagai alat tulis
  3. Membaca literatur (buku paket serta refensi lain) sebagai sumber  belajar
  4. Baca dengan seksama instruksi dan tujuan dari LKPD
  5. Kerjakan soal-soal dengan sebaik mungkin
  6. Jika ada kesulitan dalam mengerjakan soal, berkonsultasilah dengan guru atau teman satu kelompok
Demikianlah contoh petunjuk penggunaan LKPD, bapak/ibu guru dapat memodifikasi sesuai dengan LKPD yang dikembangkan. 

Komentar

Popular

Cara membuat LKPD yang menarik beserta contoh templatenya

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu bentuk bahan ajar yang hampir tidak pernah lepas dari kegiatan belajar mengajar. Seorang guru harus mampu membuat LKPD yang menjadi sarana belajar yang efektif sehingga mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa. Selain itu, LKPD yang di buat menjadikan transfer ilmu dari guru ke siswa menjadi lebih efektif dan efisien. Pentingnya LKPD yang Menarik Salah satu penyebab rendahnya motivasi belajar siswa yang rendah yakni desain dan aktivitas dalam LKPD yang menoton.Dari segi desain  LKPD yang  hanya berupa tulisan-tulisan yang menyebabkan siswa merasa bosan dan tidak tertarik dengan tagihan-tagihan yang ada pada LKPD tersebut. Oleh karena itu, diperlukan suatu kreativitas guru untuk membuat LKPD yang menarik bagi siswa dilihat dari segi desain. Tugas-tugas atau tagihan dalam LKPD juga tidak pentingnya untuk membuat LKPD yang menarik. Pada umumnya siswa akan tertarik dengan LKPD yang berbasis hands on activity. Siswa tertarik dengan ta

Download Biologi Champbell edisi 12

Buku Biologi Champbell edisi 12 merupakan edisi terbaru dari versi buku biologi Champbeli sebelumnya. Buku diterbitkan oleh Pearson pada tanggal 9 Mei 2020. Masih anget ya.  Bagi Kalian yang menginginkan versi cetakannya, saat ini tersedia juga di webisite pearson atau di amazon. Versi e-book dari buku ini terdiri dari 1493 halaman yang terdiri dari 8 unit (BAB). Buku Biologi Champbell merupakan buku yang paling banyak digunakan di berbagai perguruan tinggi  di Indonesia, karena digunakan sebagai buku teks  untuk kuliah biologi umum serta sebagai sarana ulasan dan acuan mata kuliah lanjutan. Tidak hanya di perguruan tinggi, buku ini juga sering digunakan sebagai buku referensi untuk mengikuti olimpiade biologi tingkat sekolah menengah. Buku ini memberikan pengetahuan ilmiah  dengan tepat sehingga para pelajar  dapat memahami sains dengan mudah. Bab-bab dalam buku ini mencerminkan bagaimana para ilmuwan di berbagai bidang ilmu biologi memandang ilmu yang mereka tekuni tersebut. Bany

Soal Hots Pemanasan Global

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya tentang langkah mudah membuat soal Hots ada beberapa langkah yang harus di lakukan untuk membuat soal hots. Berikut kami uraikan langkah beserta contoh soal HOTs pada materi pemanasan Global.  1. Mengidentifikasi kompetensi dasar.      Kompetensi Dasar (KD) pada materi pemanasan global ranah pengetahuan sebagai berikut:      3.9 Menganalisis perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem     Kata kerja operasional (KKO) pada KD tersebut yakni menganalisis . Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dan penilaian pada KD tersebut menuntut HOTs. 2. Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)       Berdasarkan KD pada ranah pengetahuan maka disusun IPK dan tujuan pelajaran pada materi pemanasan global sebagai berikut: Menganalisis penyebab pemanasan global (C4) Menganalisis bukti perubahan iklim (C4) Memprediksi dampak perubahan iklim terhadap ekosistem (C5) 3. Mengidentifikasi Fenomena Kehidupan Nyata     Perubahan iklm karena pemanasan global merup