Langsung ke konten utama

Soal HOTS Konduktor dan Isolator

Topik isolator dan konduktor panas di sekolah dasar dipelajari di kelas 4 semester 1. Bahan konduktor dan isolator panas sering siswa  jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, sangat mudah bagi guru untuk membuat fenomena pengantar dalam pembelajaran. 
Siswa sekolah dasar juga bisa dilatih dengan pembelajaran berpikir tingkat tinggi (HOTS) sesuai dengan tahap perkembangan kognitif mereka. Menurut teori perkembangan kognitif piaget anak-anak dengan usia 7-12 tahun memasuki tahap operasional konkrit. Artinya siswa kelas 4 Sekolah Dasar sudah mampu menyelesaikan masalah yang bersifat konkrit. Selain itu, siswa akan lebih memahami pelajaran dengan adanya bantuan benda yang dapat diamati langsung oleh anak. Begitupun dengan soal yang berorientasi HOTS harus menyertakan stimulus dengan benda-benda yang dekat dengan siswa dan anak telah melihatnya secara langsung dalam kehidupan nyata. 


Berikut kami contohkan soal HOTS konduktor dan isolator panas
Indikator :
Mengidentifikasi peralatan dalam kehidupan sehari-hari yang memanfaatkan konduktor dan isolator panas (C4)
Soal Pilihan Ganda:
1. Setrika dibuat dari bahan dengan tujuan tertentu. Pemilihan bahan setrika sesuai bahan dibawah ini tujuannya adalah....
a. bagian setrika P terbuat dari plastik tujuannya agar ringan
b. bagian setrika P terbuat dari logam tujuannya agar mengkilat
c. bagian setrika R terbuat dari keramik tujuannya agar cepat panas
d. bagian setrika R terbuat dari logam tujuannya agar cepat panas

Jawaban :
D. bagain setrika P terbuat dari bahan plastik agar tidak panas (isolator panas) sedangkan bagian setrika R terbuat dari logam tujuannya agar cepat panas (konduktor panas)

Indikator : 
Membandingkan bahan-bahan dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan sifat hantaran panas (C5)
Soal dibawah ini termasuk dalam keterampilan mengevaluasi (C5) karena soal-soal tersebut menuntut siswa untuk memilih bahan yang bersifat konduktor atau isolator
Soal Pilihan Ganda
Bejana dengan ukuran sama terbuat dari empat bahan, yaitu: plastik, kaca, keramik dan tembaga. Bila bejana tersebut diisi dengan air panas dalam jumlah yang sama, air yang paling cepat dingin adalah yang berada ada dalam bejana...
a. kaca
b. plastik
c. tembaga
d. keramik
jawaban  :
C. karena tembaga tembaga merupakan konduktor panas yang baik sehingga panas air akan cepat berpindah ke lingkungan sekitar dengan cepat dan menyebabkan air cepat dingin dalam bejana tembaga

Soal uraian
Cawan dengan ukuran yang sama terbuat dari empat jenis logam yaitu A, B, C dan D. Cawan logam tersebut diisi dengan air panas dalam jumlah yang sama. Waktu yang diperlukan air untuk menjadi dingin dalam keempat cawan tersebut hasilnya sebagai berikut:

Bahan Cawan

Waktu yang diperlukan untuk menjadi dingin

A

10 menit

B

15 menit

C

6 menit

D

12 menit

Bila diantara empat jenis logam diatas digunakan sebagai bahan membuat panci, jenis logam apakah yang dipilih ? 

Jawaban :
Logam C. karena logam C merupakan konuktor yang paling baik diantara keempat logam yang lain. hal ini dapat dilihat dari  dengan waktu yang diperlukan air panas untuk menjadi dingin.Logam C memiliki waktu yang paling sedikit diantara logam yang lain.

Indikator :
Menjelaskan alasan pemilihan bahan dalam peralatan kehidupan sehari-hari berkaitan dengan sifat hantaran panas (C5)

Soal :
Seorang insinyur, ingin merancang lantai ruangan tetap hangat, meskipun lingkungan sekitarnya sangat dingin. Diantara empat bahan berikut: batu, lempengan logam, kayu dan keramik. Bahan manakah yang harusnya dipilih? Mengapa?

Jawaban 
Kayu, karena kayu merupakan isolator yang paling baik diantara keempat bahan tersebut. 

Komentar

Popular

Cara membuat LKPD yang menarik beserta contoh templatenya

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu bentuk bahan ajar yang hampir tidak pernah lepas dari kegiatan belajar mengajar. Seorang guru harus mampu membuat LKPD yang menjadi sarana belajar yang efektif sehingga mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa. Selain itu, LKPD yang di buat menjadikan transfer ilmu dari guru ke siswa menjadi lebih efektif dan efisien. Pentingnya LKPD yang Menarik Salah satu penyebab rendahnya motivasi belajar siswa yang rendah yakni desain dan aktivitas dalam LKPD yang menoton.Dari segi desain  LKPD yang  hanya berupa tulisan-tulisan yang menyebabkan siswa merasa bosan dan tidak tertarik dengan tagihan-tagihan yang ada pada LKPD tersebut. Oleh karena itu, diperlukan suatu kreativitas guru untuk membuat LKPD yang menarik bagi siswa dilihat dari segi desain. Tugas-tugas atau tagihan dalam LKPD juga tidak pentingnya untuk membuat LKPD yang menarik. Pada umumnya siswa akan tertarik dengan LKPD yang berbasis hands on activity. Siswa tertarik dengan ta

Download Biologi Champbell edisi 12

Buku Biologi Champbell edisi 12 merupakan edisi terbaru dari versi buku biologi Champbeli sebelumnya. Buku diterbitkan oleh Pearson pada tanggal 9 Mei 2020. Masih anget ya.  Bagi Kalian yang menginginkan versi cetakannya, saat ini tersedia juga di webisite pearson atau di amazon. Versi e-book dari buku ini terdiri dari 1493 halaman yang terdiri dari 8 unit (BAB). Buku Biologi Champbell merupakan buku yang paling banyak digunakan di berbagai perguruan tinggi  di Indonesia, karena digunakan sebagai buku teks  untuk kuliah biologi umum serta sebagai sarana ulasan dan acuan mata kuliah lanjutan. Tidak hanya di perguruan tinggi, buku ini juga sering digunakan sebagai buku referensi untuk mengikuti olimpiade biologi tingkat sekolah menengah. Buku ini memberikan pengetahuan ilmiah  dengan tepat sehingga para pelajar  dapat memahami sains dengan mudah. Bab-bab dalam buku ini mencerminkan bagaimana para ilmuwan di berbagai bidang ilmu biologi memandang ilmu yang mereka tekuni tersebut. Bany

Soal Hots Pemanasan Global

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya tentang langkah mudah membuat soal Hots ada beberapa langkah yang harus di lakukan untuk membuat soal hots. Berikut kami uraikan langkah beserta contoh soal HOTs pada materi pemanasan Global.  1. Mengidentifikasi kompetensi dasar.      Kompetensi Dasar (KD) pada materi pemanasan global ranah pengetahuan sebagai berikut:      3.9 Menganalisis perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem     Kata kerja operasional (KKO) pada KD tersebut yakni menganalisis . Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dan penilaian pada KD tersebut menuntut HOTs. 2. Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)       Berdasarkan KD pada ranah pengetahuan maka disusun IPK dan tujuan pelajaran pada materi pemanasan global sebagai berikut: Menganalisis penyebab pemanasan global (C4) Menganalisis bukti perubahan iklim (C4) Memprediksi dampak perubahan iklim terhadap ekosistem (C5) 3. Mengidentifikasi Fenomena Kehidupan Nyata     Perubahan iklm karena pemanasan global merup