Langsung ke konten utama

Cara membuat LKPD yang menarik beserta contoh templatenya

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu bentuk bahan ajar yang hampir tidak pernah lepas dari kegiatan belajar mengajar. Seorang guru harus mampu membuat LKPD yang menjadi sarana belajar yang efektif sehingga mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa. Selain itu, LKPD yang di buat menjadikan transfer ilmu dari guru ke siswa menjadi lebih efektif dan efisien.

Pentingnya LKPD yang Menarik

Salah satu penyebab rendahnya motivasi belajar siswa yang rendah yakni desain dan aktivitas dalam LKPD yang menoton.Dari segi desain  LKPD yang  hanya berupa tulisan-tulisan yang menyebabkan siswa merasa bosan dan tidak tertarik dengan tagihan-tagihan yang ada pada LKPD tersebut. Oleh karena itu, diperlukan suatu kreativitas guru untuk membuat LKPD yang menarik bagi siswa dilihat dari segi desain. Tugas-tugas atau tagihan dalam LKPD juga tidak pentingnya untuk membuat LKPD yang menarik. Pada umumnya siswa akan tertarik dengan LKPD yang berbasis hands on activity. Siswa tertarik dengan tagihan tugas yang menuntut mereka untuk melakukan sesuatu misalnya eksperimen. 

Penggunaan LKPD yang manarik  akan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk ikut aktif dalam proses pembelajaran pembelajaran dan memberikan kesempatan penuh kepada siswa untuk mengungkapkan kemampuan dalam mengembangkan proses berpikirnya.
LKPD  sebaiknya di susun semenarik mungkin. Hal ini dikarenakan LKPD memiliki fungsi yang sangat esensial dalam pembelajaran adapun fungsi LKPD antara lain:
1. Membantu siswa untuk menemukan suatu konsep. Konsep yang akan ditemukan oleh siswa didahului  dengan menampilkan  suatu fenomena yang bersifat konkrit, sederhana, dan berkaitan dengan konsep yang akan dipelajari. Fungsi dari pemberian pendahuluan berupa fenomena konkrit dan sederhana yakni agar siswa merasa bahwa yang akan mereka pelajari dekat dengan kehidupan nyata mereka. Selain itu LKPD memuat apa yang harus dilakukan peserta didik meliputi melakukan, mengamati, dan menganalisis fenomena yang ada dalam LKPD tersebut.
2. Membantu peserta didik menerapkan dan mengintegrasikan berbagai konsep yang telah ditemukan. 
3. Sebagai penuntun belajar, penguatan, dan juga berfungsi sebagai petunjuk praktikum.

Langkah Pengembangan LKPD yang menarik

Pengembangan LKPD yang menarik dapat guru dilakukan dengan dengan mengadaptasi langkah-langkah pengembangan Modul/Paket Belajar yang telag ada. Berdasakan langkah-langkah pengembangan Modul dan Paket Belajar tersebut, maka LKPD dapat dikembangkan melalui langkah-langkah sebagai berikut :

1. Menetapkan desain LKPD yang sesuai dengan materi dengan semenarik mungkin. Desain dari LKPD yang menarik ditentukan oleh kreativitas masing-masing guru. Guru memiliki kebebasan untuk mendesain LKPD yang mereka buat dengan menggunakan aplikasi yang telah tersedia misalnya dengan menggunakan Microsoft Word.

2. Menetapkan judul dan materi yang akan dimuat dalam LKPD. Judul LKPD biasnya disesuaikan dengan topik yang akan dibahas dalam LKPD tersebut. 

3. Menetapkan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai sesuai dengan Standar Kompetensi. Tujuan pembelajaran yang dicantumkan dalam LKPD hanya tujuan pembelajaran yang ingin dicapai melalui LKPD yang telah dikembangkan 

4. Menentukan tagihan belajar atau tugas-tugas yang harus diselesaikan oleh siswa. Tagihan belajar dalam LKPD harus disusun semenarik mungkin sehingga meningkatkan motivasi siswa untuk mengerjakan tugas-tugas yang ada dalam LKPD

Cara membuat LKPD yang menarik dengan Ms. Word

Tentnya kita tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Kita dapat membuat LKPD yang menarik dari segi desain dengan hanya menggunakan Ms. Word. Berikut kami jabarkan tips untuk membuat LKPD yang menarik dengan hanya menggunakan Ms Word


1. Pilih jenis huruf yang berbeda atara judul, sub judul dan isi dalam LKPD
2. Tambahkan Shape dan susun semenarik mungkin dalam LKPD yang akan dibuat
3. Desainlah warna shape dalam LKPD sehingga menarik
4. Tambahkan gambar dapat berupa kartun atau gambar lainnya yang dapat mempercantik LKPD yang akan dibuat
Untuk memudahkan Bapak/Ibu guru dalam membuat LKPD yang menarik berikut kami berikan contoh tempalate LKPD yang dapat diunduh disini:
Template 1 diunduh disini
Template 2 diunduh disini

Komentar

Popular

Download Biologi Champbell edisi 12

Buku Biologi Champbell edisi 12 merupakan edisi terbaru dari versi buku biologi Champbeli sebelumnya. Buku diterbitkan oleh Pearson pada tanggal 9 Mei 2020. Masih anget ya.  Bagi Kalian yang menginginkan versi cetakannya, saat ini tersedia juga di webisite pearson atau di amazon. Versi e-book dari buku ini terdiri dari 1493 halaman yang terdiri dari 8 unit (BAB). Buku Biologi Champbell merupakan buku yang paling banyak digunakan di berbagai perguruan tinggi  di Indonesia, karena digunakan sebagai buku teks  untuk kuliah biologi umum serta sebagai sarana ulasan dan acuan mata kuliah lanjutan. Tidak hanya di perguruan tinggi, buku ini juga sering digunakan sebagai buku referensi untuk mengikuti olimpiade biologi tingkat sekolah menengah. Buku ini memberikan pengetahuan ilmiah  dengan tepat sehingga para pelajar  dapat memahami sains dengan mudah. Bab-bab dalam buku ini mencerminkan bagaimana para ilmuwan di berbagai bidang ilmu biologi memandang ilmu yang mereka tekuni tersebut. Bany

Soal Hots Pemanasan Global

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya tentang langkah mudah membuat soal Hots ada beberapa langkah yang harus di lakukan untuk membuat soal hots. Berikut kami uraikan langkah beserta contoh soal HOTs pada materi pemanasan Global.  1. Mengidentifikasi kompetensi dasar.      Kompetensi Dasar (KD) pada materi pemanasan global ranah pengetahuan sebagai berikut:      3.9 Menganalisis perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem     Kata kerja operasional (KKO) pada KD tersebut yakni menganalisis . Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dan penilaian pada KD tersebut menuntut HOTs. 2. Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)       Berdasarkan KD pada ranah pengetahuan maka disusun IPK dan tujuan pelajaran pada materi pemanasan global sebagai berikut: Menganalisis penyebab pemanasan global (C4) Menganalisis bukti perubahan iklim (C4) Memprediksi dampak perubahan iklim terhadap ekosistem (C5) 3. Mengidentifikasi Fenomena Kehidupan Nyata     Perubahan iklm karena pemanasan global merup