Merancang Pembelajaran Berbasis Numerasi dan Literasi
Sebagai pendidik tentunya harus merancang pembelajaran yang dapat melatih keterampilan numerasi dan literasi siswa. Numerasi tidak hanya diartikan sebagai keterampilan yang melibatkan angka dan berhitung, akan tetapi numerasi merupakan keterampilan untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan konsep matematika yang telah dimiliki. Oleh karena itu pembelajaran harus melatih siswa untuk menerapkan konsep matematika yang telah mereka miliki untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu, pembelajaran numerasi juga melatih kemampuan siswa untuk menganalisis dan menginterpretasi informasi kuantitatif yang terdapat di sekelilingnya yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, dsb.). Kemudian siswa menggunakan interpretasi hasil analisisnya untuk memprediksi dan mengambil keputusan.
Tidak hanya melatih numerasi siswa, guru juga harus mampu juga melatih literasi siswa. Literasi sering diartikan dengan membaca. Keterampilan membaca mencakup kemampuan memahami makna yang tersurat dan tersirat dari kalimat, paragraf, dan keseluruhan teks sebagai satu kesatuan.
Rancangan pembelajaran sudah pasti tertuang dalam RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang disusun untuk melatih keterampilan numerasi dan literasi siswa. Selain memperhatikan kaidah-kaidah
Langkah menyusun RPP Numerasi
1. Mengidentifikasi Kompetensi Dasar (KD)
Langkah pertama dalam membuat RPP numerasi yaitu memilih Kompetensi Dasar (KD) yang memiliki keterkaitan dengan numerasi. Tidak semua KD dalam sebuah matapelajaran memerlukan penguatan aspek numerasi. Aspek numerasi dalam fokus matematika seperti pada gambar di bawah ini.
Contoh :
Kompetensi Dasar (KD) IPA SMP Kelas VII "3.8. Menganalisis perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem".
Dalam KD ini dapat diidentifikasi beberapa kata kunci yang berkaitan dengan aspek numerasi, seperti kata perubahan iklim yang seringkali dinyatakan melalui persentase, grafik dan perbandingan, serta pengaruh yang dapat diperkuat dengan data.
Baca Juga : Soal HOTS pemanasan GLobal
2. Menentukan Tuntutan Numerasi dalam KD tersebut
Langkah berikutnya adalah menentukan tuntutan numerasi berdasarkan aspek numerasi yang sudah diidentifikasi di langkah pertama. Misalnya dari contoh KD IPA di atas, menganalisis pengaruh perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem dapat memperkuat numerasi yang berkaitan dengan analisis data dan representasi grafik dengan menampilkan data mengenai kenaikan suhu bumi dan gas rumah kaca.
3. Menetukan Aktivitas Numerasi yang dapat disematkan dalam kegiatan pembelajaran
4. Menetapkan alat (tools) matematika dan istilah (terminologi) matematika yang digunakan dalam aktivitas
Baca juga: Langkah mudah menyusun Soal HOTS
Langkah Menyusun RPP Literasi
1. Memetakan Kompetensi Dasar (KD) yang akan diajarkan
langkah pertama dalam menyusun RPP literasi yaitu mengidentifikasi Kompetensi yang akan di capai oleh peserta didik. Setelah itu menentukan tipe teks yang akan dipelajari untuk mencapai kompetensi tersebut
2. Menentukan Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar (IpKD) dan tujuan pembelajaran
3. Menentukan Sumber Bacaan yang dekat dengan peserta didik.
Langkah selanjutnya guru harus mengidentifikasi bahan bacaan yang menarik dan relevan dengan peserta didik.
Komentar
Posting Komentar