Pada bagian sebelumnya telah dibahas langkah membuat RPP literasi dan numerasi, pada artikel ini akan membahas contoh RPP literasi Numerasi tingkat SMP . Berikut kami jabarkan RPP literasi numerasi SMP berserta langkah-langkahnya;
1. Mengidentifikasi Kompetensi dasar
Kompetensi dasar yang kami contohkan pada RPP literasi numerasi IPA yaitu KD "3.8. Menganalisis perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem". Kompetensi dasar ini diajarkan dikelas VII semester II dengan materi pemanasan global.
Baca Juga : Soal Hots Pemanasan Global
Berdasarkan hasil identifikasi penulis KD ini cocok digunakan untuk melatih literasi numerasi siswa. Hal ini dikarenakan bunyi pada KD ini terdapat aspek numerasi. Aspek numerasi pada KD ini bisa meliputi : repserentasi grafik
Setelah mengidentifikasi aspek numerasi kita juga akan mengidentifikasi tipe teks yang sesuai untuk mempelajari KD tersebut. Jenis teks yang digunakan non fiksi tentang bukti perubahan iklim. Selain itu juga di sajikan infografik tentang mekanisme pemanasan global
2. Menentukan Tujuan Pembelajaran dan Tuntutan Numerasi
Dari KD "3.8. Menganalisis perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem" kita akan menjabarkannya ke dalam bentuk Indikator Pencapaian Kompetensi Dasar (IpKD) dan Tujuan Pembelajaran. Dalam tujuan Pembelajaran kita juga harus menekankan tuntutan numerasi serta aspek literasi dalam tujuan pembelajaran yang telah dibuat.
Adapun tujuan yang dirumuskan berdasarkan KD 3.8 yaitu:
Tujuan Pembelajaran
1. Melalui studi literatur siswa dapat menganalisis adanya perubahan iklim (Aspek Literasi)
2. Melalui Percobaan dan diskusi LKPD 1 “Pemodelan efek rumah kaca” siswa dapat mendeskripsikan efek rumah kaca (Di dalam LKPD terdapat tuntutan numerasi)
3. Melalui infografik siswa dapat menganalisis mekanisme pemanasan globa (Aspek Literasi)
4. Melalui studi literatur dan diskusi LKPD 1 “Pemodelan efek rumah kaca” siswa dapat membuat mind maping efek rumah kaca
3. Menentukan Aktivitas Numerasi Literasi dalam kegiatan Pembelajaran
Kegiatan dalam RPP literasi numerasi harus menunjang tercapainya tujuan pembelajara serta tuntutan numerasi. Akvitas numerasi dan literasi harus terintegrasi dengan model pembelajaran yang digunakan serta pendekatan saintifik.
Kegiatan literasi dan numerasi dalam RPP pada topik pemanasan global yaitu:
- Siswa melakukan studi literatur tentang bukti perubahan iklim
- Siswa membuat grafik hubungan waktu dengan suhu berdasarkan tabel pengamatan
- Siswa membaca infografik tentang mekanisme pemanasan globa
Terima kasih, artikelnya sangat bermanfaat.... salam literasi
BalasHapus