Seperti yang sudah dibahas sebelumnya tentang langkah mudah membuat soal Hots ada beberapa langkah yang harus di lakukan untuk membuat soal hots. Berikut kami uraikan langkah beserta contoh soal HOTs pada materi pemanasan Global.
1. Mengidentifikasi kompetensi dasar.
Kompetensi Dasar (KD) pada materi pemanasan global ranah pengetahuan sebagai berikut:
3.9 Menganalisis perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem
Kata kerja operasional (KKO) pada KD tersebut yakni menganalisis. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dan penilaian pada KD tersebut menuntut HOTs.
2. Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Berdasarkan KD pada ranah pengetahuan maka disusun IPK dan tujuan pelajaran pada materi pemanasan global sebagai berikut:
- Menganalisis penyebab pemanasan global (C4)
- Menganalisis bukti perubahan iklim (C4)
- Memprediksi dampak perubahan iklim terhadap ekosistem (C5)
3. Mengidentifikasi Fenomena Kehidupan Nyata
Perubahan iklm karena pemanasan global merupakan fenomena alam yang terjadi saat ini. Tentunya sangat mudah untuk mencari berita, artikel, atau gambar yang berfungsi sebagai stimulus dalam soal.
Setelah kita mendapatkan stimulus yang sesuai dengan IPK maka disusun indikator soal sebagai berikut:
- Disajikan grafik, siwa dapat menganalisis penyebab pemanasan global
- Disajikan grafik pola curah hujan siswa dapat mengananalisi bukti adanya perubahan iklim
- Disajikan gambar peta Indonesia siswa dapat memprediksikan keadaan ekosistem di masa yang akan datang sebagai dampak dari pemanasan global
- Disajikan gambar peta Indonesia siswa mengidentifikasi dampak pemanasan global.
Soal HOTs Materi Pemanasan Global
Indonesia juga menjadi kontributor pemanasan global karena pengundulan hutan, eksplorasi pertambangan dan lontaran emisi karbon dioksida. Misalnya, kebakaran hutan telah mengakibatkan negara-negara tetangga terkenan dampaknya. Kehidupan masyarakat di Singapura dan Malaysia terganggu karena asap yang diimpor dari Indonesia.
Informasi yang sesuai pada gambar di atas adalah...Efek rumah kaca menjadi lebih sering dibicarakan selama abad kedua puluh. Fakta menunjukkan bahwa suhu rata-rata atmosfer bumi telah naik. Dalam berbagai surat kabar dan majalah, kenaikan emisi karbon dioksida seringkali disebut sebagai penyebab utama kenaikan suhu pada abad kedua puluh. Seorang peserta didik bernama Azika tertarik akan hubungan yang mungkin antara suhu rata-rata atmosfer bumi dan emisi karbon dioksida di bumi. Di perpustakaan ia menjumpai dua grafik berikut ini:
a. Kenaikan rata-rata suhu bumi disebabkan oleh karbondioksida
b. Setiap tahun suhu bumi makin turun
c. Karbondioksida bukan penyebab meningkatnya suhu bumi
d. Jumlah emisi karbondioksida dari tahun ke tahun makin turun
Soal No 3.
Perubahan iklim di Indonesia dapat diamati dari pola curah hujan rata-rata di beberapa wilayah di Indonesia. Berikut ini gambar grafik curah hujan rata-rata bulanan dari periode tahun 1980-2010 di Indonesia.
Berikut ini pernyataan yang sesuai dengan grafik diatas adalah….
Soal No 4 dan 5.
National Geographic membuat sebuah peta interaktif. Peta memperlihatkan bahwa ketika seluruh es meleleh, permukaan laut akan semakin tinggi, banyak daratan hilang, pegunungan jadi pulau, dan manusia bakal merugi. Peta di bawah ini menunjukkan daerah yang akan tenggelam jika seluruh es meleleh.
Garis biru muda menunjukkan daerah yang akan tenggelam bila seluruh es meleleh.
5. Dari peta di atas wilayah Kalimantan dan Sumatera akan banyak kehilangan banyak daratan, apa yang akan terjadi pada ekosistem di sana?
Sumber stimulus
- https://www.bmkg.go.id/iklim/perubahan-normal-curah-hujan.bmkg
- http://ilmupengetahuan.org/penyebab-pemanasan-global/
- https://https://nationalgeographic.grid.id/
Komentar
Posting Komentar