Langsung ke konten utama

Soal Hots Pemanasan Global

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya tentang langkah mudah membuat soal Hots ada beberapa langkah yang harus di lakukan untuk membuat soal hots. Berikut kami uraikan langkah beserta contoh soal HOTs pada materi pemanasan Global. 

1. Mengidentifikasi kompetensi dasar. 

    Kompetensi Dasar (KD) pada materi pemanasan global ranah pengetahuan sebagai berikut: 

    3.9 Menganalisis perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem

    Kata kerja operasional (KKO) pada KD tersebut yakni menganalisis. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dan penilaian pada KD tersebut menuntut HOTs.

2. Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) 

    Berdasarkan KD pada ranah pengetahuan maka disusun IPK dan tujuan pelajaran pada materi pemanasan global sebagai berikut:

  1. Menganalisis penyebab pemanasan global (C4)
  2. Menganalisis bukti perubahan iklim (C4)
  3. Memprediksi dampak perubahan iklim terhadap ekosistem (C5)

3. Mengidentifikasi Fenomena Kehidupan Nyata

    Perubahan iklm karena pemanasan global merupakan fenomena alam yang terjadi saat ini. Tentunya sangat mudah untuk mencari berita, artikel, atau gambar yang berfungsi sebagai stimulus dalam soal.

Setelah kita mendapatkan stimulus yang sesuai dengan IPK maka disusun indikator soal sebagai berikut:

  1. Disajikan grafik, siwa dapat menganalisis penyebab pemanasan global
  2. Disajikan grafik pola curah hujan siswa dapat mengananalisi bukti adanya perubahan iklim
  3. Disajikan gambar peta Indonesia siswa dapat memprediksikan keadaan ekosistem di masa yang akan datang sebagai dampak dari pemanasan global
  4. Disajikan gambar peta Indonesia siswa mengidentifikasi dampak pemanasan global.

Soal HOTs Materi Pemanasan Global

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan memilih salah satu jawaban yang benar!
Soal No 1. 

Indonesia juga menjadi kontributor pemanasan global karena pengundulan hutan, eksplorasi pertambangan dan lontaran emisi karbon dioksida. Misalnya, kebakaran hutan telah mengakibatkan negara-negara  tetangga  terkenan dampaknya. Kehidupan masyarakat di Singapura dan Malaysia terganggu karena asap yang diimpor dari Indonesia.

Informasi yang sesuai  pada gambar  di atas adalah...
a. Pembangkin listrik mengeluarkan emisi 20% CO2 setiap tahun
b. Sektor industry  mengeluarkan emisi CO2 terbesar di dunia
c. Pembangkit listrik mengeluarkan emisi CO2 terbesar di dunia
d. 14% dari emisi CO2 berasal dari pembakaran batu bara.
Soal No 2.

    Efek rumah kaca menjadi lebih sering dibicarakan selama abad kedua puluh. Fakta menunjukkan bahwa suhu rata-rata atmosfer bumi telah naik. Dalam berbagai surat kabar dan majalah, kenaikan emisi karbon dioksida seringkali disebut sebagai penyebab utama kenaikan suhu pada abad kedua puluh. Seorang peserta didik bernama Azika tertarik akan hubungan yang mungkin antara suhu rata-rata atmosfer bumi dan emisi karbon dioksida di bumi. Di perpustakaan ia menjumpai dua grafik berikut ini:

Berdasarkan ke dua grafik tersebut dapat disimpulkan bahwa:
a. Kenaikan rata-rata suhu bumi disebabkan oleh karbondioksida
b. Setiap tahun suhu bumi makin turun
c. Karbondioksida bukan penyebab meningkatnya suhu bumi
d. Jumlah emisi karbondioksida dari tahun ke tahun makin turun

Soal No 3. 

Perubahan iklim di Indonesia dapat diamati dari pola curah hujan rata-rata di beberapa wilayah di Indonesia. Berikut ini gambar grafik curah hujan rata-rata bulanan dari periode tahun 1980-2010 di Indonesia.

Berikut ini pernyataan yang sesuai dengan grafik diatas adalah….

a. Tidak terjadi perubahan pola curah hujan di indonesia dari tahun 1981-2010, pada tahun 1981-2010 curah hujan tertinggi pada november
b. Tidak terjadi perubahan pola curah hujan di indonesia dari tahun 1981-2010, pada tahun 1981-2010 curah hujan tertinggi pada november
c. Terjadi perubahan pola curah hujan di indonesia dari tahun 1981-2010, pada tahun 1981-1990 curah hujan tertinggi pada bulan mei, sedangkan pada tahun 2000-2010 curah hujan tertinggi pada bulan november
d. Terjadi perubahan pola curah hujan di indonesia dari tahun 1981-2010, pada tahun 1981-1990 curah hujan terendah pada bulan mei, sedangkan pada tahun 2000-2010 curah hujan terendah pada bulan februari

Soal No 4 dan 5.

National Geographic membuat sebuah peta interaktif. Peta memperlihatkan bahwa ketika seluruh es meleleh, permukaan laut akan semakin tinggi, banyak daratan hilang, pegunungan jadi pulau, dan manusia bakal merugi. Peta di bawah ini menunjukkan daerah yang akan tenggelam jika seluruh es meleleh.

Garis biru muda menunjukkan daerah yang akan tenggelam bila seluruh es meleleh.

4. Berdasarkan gambar peta di atas, apa yang akan terjadi pada Indonesia bila seluruh es meleleh?

a. Banyak pulau yang akan tenggelam
b. Wilayah daratan di Indonesia makin luas
c. Wilayah Indonesia makin sempit
d. Banyak pantai menjadi daratan

5. Dari peta di atas wilayah Kalimantan dan Sumatera akan banyak kehilangan banyak daratan, apa yang akan terjadi pada ekosistem di sana?

a. Hewan akan cepat berkembang biak.
b. Harimau sumatera, orangutan sumatera dan Kalimantan akan terganggu.
c. Pantai akan lebih indah
d. Tanaman akan lebih subur

Sumber stimulus

  1. https://www.bmkg.go.id/iklim/perubahan-normal-curah-hujan.bmkg
  2. http://ilmupengetahuan.org/penyebab-pemanasan-global/
  3. https://https://nationalgeographic.grid.id/

Komentar

Popular

Download Biologi Champbell edisi 12

Buku Biologi Champbell edisi 12 merupakan edisi terbaru dari versi buku biologi Champbeli sebelumnya. Buku diterbitkan oleh Pearson pada tanggal 9 Mei 2020. Masih anget ya.  Bagi Kalian yang menginginkan versi cetakannya, saat ini tersedia juga di webisite pearson atau di amazon. Versi e-book dari buku ini terdiri dari 1493 halaman yang terdiri dari 8 unit (BAB). Buku Biologi Champbell merupakan buku yang paling banyak digunakan di berbagai perguruan tinggi  di Indonesia, karena digunakan sebagai buku teks  untuk kuliah biologi umum serta sebagai sarana ulasan dan acuan mata kuliah lanjutan. Tidak hanya di perguruan tinggi, buku ini juga sering digunakan sebagai buku referensi untuk mengikuti olimpiade biologi tingkat sekolah menengah. Buku ini memberikan pengetahuan ilmiah  dengan tepat sehingga para pelajar  dapat memahami sains dengan mudah. Bab-bab dalam buku ini mencerminkan bagaimana para ilmuwan di berbagai bidang ilmu biologi memandang ilmu yang mereka tekuni tersebut. Bany

Cara membuat LKPD yang menarik beserta contoh templatenya

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu bentuk bahan ajar yang hampir tidak pernah lepas dari kegiatan belajar mengajar. Seorang guru harus mampu membuat LKPD yang menjadi sarana belajar yang efektif sehingga mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa. Selain itu, LKPD yang di buat menjadikan transfer ilmu dari guru ke siswa menjadi lebih efektif dan efisien. Pentingnya LKPD yang Menarik Salah satu penyebab rendahnya motivasi belajar siswa yang rendah yakni desain dan aktivitas dalam LKPD yang menoton.Dari segi desain  LKPD yang  hanya berupa tulisan-tulisan yang menyebabkan siswa merasa bosan dan tidak tertarik dengan tagihan-tagihan yang ada pada LKPD tersebut. Oleh karena itu, diperlukan suatu kreativitas guru untuk membuat LKPD yang menarik bagi siswa dilihat dari segi desain. Tugas-tugas atau tagihan dalam LKPD juga tidak pentingnya untuk membuat LKPD yang menarik. Pada umumnya siswa akan tertarik dengan LKPD yang berbasis hands on activity. Siswa tertarik dengan ta