JUDUL : THE STUDY OF THE EFFECT OF LIFE SKILL TRAINING ON SOCIAL DEVELOPMENT, EMOTIONAL AND SOCIAL COMPATIBILITY AMONG FIRST- GRADE FEMALE HIGH SCHOOL IN NEKA CITY
PENULIS : Zahra Roodbari, Esmail Sahdipoor and Seyyed Hamid Sadati Ghale
TAHUN TERBIT : 2006
SPESIFIKASI : Indian Journal of Fundamental and Applied Life Sciences Vol. 3 (3) July-September, pp.382-390 ISSN: 2231 6345 (Online)
LATAR BELAKANG
Saat ini para siswa perlu untuk belajar lebih tentang keterampilan dan pertumbuhan kemampuan seperti wawasan/ pengetahuan, kesadaran, komunikasi, negosiasi dan membuat keputusan. Mereka memerlukan hal tersebut untuk mampu dan secara efektif menggunakan keterampilan ini dalam kehidupan sehari-hari mereka. Mereka perlu untuk belajar mengetahui apa yang ingin mereka katakan, apa yang ingin mereka lakukan, mendapatkan bantuan dari seseorang ketika dibutuhkan, menggunakan strategi apa untuk menyelesaikan permasalahan. Selain itu untuk menjaga dan memperbaiki tingkat kesehatan mental seseorang, keterampilan sosial dan interpersonal, dan dapat membantu seseorang membuat keputusan dengan kesadaran, berkomunikasi secara efektif.
TUJUAN PENELITIAN
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki dampak pemberian latihan life skills terhadap perkembangan sosial, kesesuaian emosi dan sosial siswa perempuan di tahun pertama sekolah tinggi.
METODE PENELITIAN
Penelitian ini menggunakan design pretest - posttest and control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa perempuan tahun pertama sekolah tinggi di Neka. Sedangkan subyeknya adalah 30 siswa yang dipilih secara acak dan ditempatkan ke dalam dua kelompok, 15 siswa dalam kelompok eksperimen dan 15 siswa lainnya dimasukkan dalam kelompok kontrol. Pelatihan dalam penelitian ini dilakukan dalam kelompok dan dalam 10 tahapan, satu tahapan tiap minggu selama 120 menit menggunakan perangkat standar pendidikan,termasuk buku kecil berjudul life skills. Buku ini mencakup teori dan praktek yang menyediakan latihan (individu dan kelompok) dalam hubungannya denagn setiap life skills (gaya komunikasi, ketegasan, stress management, dan problem solving). Instrument dalam penelitian ini terdiri dari Social Development Test of Alice Witsman yang terdiri dari 27 pertanyaan dan Student’s Compatibility Questionnaire yang digunakan untuk mengukur dimensi emosional, sosial serta pendidikan dan terdiri dari 47 pertanyaan.
HASIL DAN IMPLIKASI
Berdasarkan data diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada tiga variabel (penyesuaian emosi, penyesuaian sosial dan perkembangan sosial) dari hasil pre-test dan post-test pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Dengan kata lain, pemberian latihan life skills yang dilakukan pada kelas eksperimen terbukti memberikan dampak positif terhadap ketiga variabel tersebut. Hal ini dikarenakan life skills merupakan seperangkat keterampilan yang menyediakan latar belakang penyesuaian, perilaku positif dan berguna. Dengan kemampuan ini memungkinkan seseorang untuk menerima tanggungjawab sosial mereka dan tanpa menyakiti diri mereka dan yang lainnya untuk menginginkan, menduga dan permasalahan sehari-hari khususnya hubungan antar personal.
Komentar
Posting Komentar