Langsung ke konten utama

Contoh Analisis Jurnal



JUDUL            : THE STUDY OF THE EFFECT OF LIFE SKILL TRAINING ON SOCIAL DEVELOPMENT, EMOTIONAL AND SOCIAL COMPATIBILITY AMONG FIRST- GRADE FEMALE HIGH SCHOOL IN NEKA CITY


PENULIS                         : Zahra Roodbari, Esmail Sahdipoor and Seyyed Hamid Sadati Ghale


TAHUN TERBIT         :  2006


SPESIFIKASI              : Indian Journal of Fundamental and Applied Life Sciences Vol. 3 (3) July-September, pp.382-390 ISSN: 2231 6345 (Online)


LATAR BELAKANG


Saat ini para siswa perlu untuk belajar lebih tentang keterampilan dan pertumbuhan kemampuan seperti wawasan/ pengetahuan, kesadaran, komunikasi, negosiasi dan membuat keputusan. Mereka memerlukan hal tersebut untuk mampu dan secara efektif menggunakan keterampilan ini dalam kehidupan sehari-hari mereka. Mereka perlu untuk belajar mengetahui apa yang ingin mereka katakan, apa yang ingin mereka lakukan, mendapatkan bantuan dari seseorang ketika dibutuhkan, menggunakan strategi apa untuk menyelesaikan permasalahan. Selain itu untuk menjaga dan memperbaiki tingkat kesehatan mental seseorang, keterampilan sosial dan interpersonal, dan dapat membantu seseorang membuat keputusan dengan kesadaran, berkomunikasi secara efektif. 


TUJUAN PENELITIAN

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki dampak pemberian latihan life skills terhadap perkembangan sosial, kesesuaian emosi dan sosial siswa perempuan di tahun pertama sekolah tinggi.


METODE PENELITIAN

Penelitian ini menggunakan design pretest - posttest and control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa perempuan tahun pertama sekolah tinggi di Neka. Sedangkan subyeknya adalah 30 siswa yang dipilih secara acak dan ditempatkan ke dalam dua kelompok, 15 siswa dalam kelompok eksperimen dan 15 siswa lainnya dimasukkan dalam kelompok kontrol. Pelatihan dalam penelitian ini dilakukan dalam kelompok dan dalam 10 tahapan, satu tahapan tiap minggu selama 120 menit menggunakan perangkat standar pendidikan,termasuk buku kecil berjudul life skills. Buku ini mencakup teori dan praktek yang menyediakan latihan (individu dan kelompok) dalam hubungannya denagn setiap life skills (gaya komunikasi, ketegasan, stress management, dan problem solving). Instrument dalam penelitian ini terdiri dari Social Development Test of Alice Witsman yang terdiri dari 27 pertanyaan dan Student’s Compatibility Questionnaire yang digunakan untuk mengukur dimensi emosional, sosial serta pendidikan dan terdiri dari 47 pertanyaan.


HASIL DAN IMPLIKASI

Berdasarkan data diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada tiga variabel (penyesuaian emosi, penyesuaian sosial dan perkembangan sosial) dari hasil pre-test dan post-test pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Dengan kata lain, pemberian latihan life skills yang dilakukan pada kelas eksperimen terbukti memberikan dampak positif terhadap ketiga variabel tersebut. Hal ini dikarenakan life skills merupakan seperangkat keterampilan yang menyediakan latar belakang penyesuaian, perilaku positif dan berguna. Dengan kemampuan ini memungkinkan seseorang untuk menerima tanggungjawab sosial mereka dan tanpa menyakiti diri mereka dan yang lainnya untuk menginginkan, menduga dan permasalahan sehari-hari khususnya hubungan antar personal.



Komentar

Popular

Cara membuat LKPD yang menarik beserta contoh templatenya

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu bentuk bahan ajar yang hampir tidak pernah lepas dari kegiatan belajar mengajar. Seorang guru harus mampu membuat LKPD yang menjadi sarana belajar yang efektif sehingga mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa. Selain itu, LKPD yang di buat menjadikan transfer ilmu dari guru ke siswa menjadi lebih efektif dan efisien. Pentingnya LKPD yang Menarik Salah satu penyebab rendahnya motivasi belajar siswa yang rendah yakni desain dan aktivitas dalam LKPD yang menoton.Dari segi desain  LKPD yang  hanya berupa tulisan-tulisan yang menyebabkan siswa merasa bosan dan tidak tertarik dengan tagihan-tagihan yang ada pada LKPD tersebut. Oleh karena itu, diperlukan suatu kreativitas guru untuk membuat LKPD yang menarik bagi siswa dilihat dari segi desain. Tugas-tugas atau tagihan dalam LKPD juga tidak pentingnya untuk membuat LKPD yang menarik. Pada umumnya siswa akan tertarik dengan LKPD yang berbasis hands on activity. Siswa tertarik dengan ta

Download Biologi Champbell edisi 12

Buku Biologi Champbell edisi 12 merupakan edisi terbaru dari versi buku biologi Champbeli sebelumnya. Buku diterbitkan oleh Pearson pada tanggal 9 Mei 2020. Masih anget ya.  Bagi Kalian yang menginginkan versi cetakannya, saat ini tersedia juga di webisite pearson atau di amazon. Versi e-book dari buku ini terdiri dari 1493 halaman yang terdiri dari 8 unit (BAB). Buku Biologi Champbell merupakan buku yang paling banyak digunakan di berbagai perguruan tinggi  di Indonesia, karena digunakan sebagai buku teks  untuk kuliah biologi umum serta sebagai sarana ulasan dan acuan mata kuliah lanjutan. Tidak hanya di perguruan tinggi, buku ini juga sering digunakan sebagai buku referensi untuk mengikuti olimpiade biologi tingkat sekolah menengah. Buku ini memberikan pengetahuan ilmiah  dengan tepat sehingga para pelajar  dapat memahami sains dengan mudah. Bab-bab dalam buku ini mencerminkan bagaimana para ilmuwan di berbagai bidang ilmu biologi memandang ilmu yang mereka tekuni tersebut. Bany

Soal Hots Pemanasan Global

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya tentang langkah mudah membuat soal Hots ada beberapa langkah yang harus di lakukan untuk membuat soal hots. Berikut kami uraikan langkah beserta contoh soal HOTs pada materi pemanasan Global.  1. Mengidentifikasi kompetensi dasar.      Kompetensi Dasar (KD) pada materi pemanasan global ranah pengetahuan sebagai berikut:      3.9 Menganalisis perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem     Kata kerja operasional (KKO) pada KD tersebut yakni menganalisis . Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dan penilaian pada KD tersebut menuntut HOTs. 2. Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)       Berdasarkan KD pada ranah pengetahuan maka disusun IPK dan tujuan pelajaran pada materi pemanasan global sebagai berikut: Menganalisis penyebab pemanasan global (C4) Menganalisis bukti perubahan iklim (C4) Memprediksi dampak perubahan iklim terhadap ekosistem (C5) 3. Mengidentifikasi Fenomena Kehidupan Nyata     Perubahan iklm karena pemanasan global merup