Langsung ke konten utama

Contoh tugas laporan praktik baik (Tugas diklat guru belajar) dan poster

Saat anda mengikuti diklat guru belajar tugas diakhir anda harus mengumpulkan tulisan praktik baik beserta poster yang telah anda laksanakan di sekolah saat anda mengajar. Berikut ini saya berikan contoh tulisan praktik baik.

Sekolah tempat saya mengajar sudah melaksanakan kombinasi PTM (Pertemuan tatap muka) dan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) sejak awal tahun pembelajaran 2020/2021. Tentunya hal ini sangat membantu saya untuk tetap mengingatkan siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran secara PJJ. 

PJJ saya isi dengan materi yang belum mereka dapat saat PTM berlangsung.  PTM saya isi dengan refleksi materi pembelajaran yang saya sajikan saat PTM.  Kendala yang saya hadapi yaitu siswa tidak memperdulikan materi yang saya upload di google drive saat PJJ, dan hanya bergantung pada materi saat PTM. Tentunya ini akan memakan banyak waktu,  sedangkan waktu PTM hanya terbatas.  

Setelah mendapatkan materi dari bimtek tahap 1, saya paham kesalahan saya yakni tidak memberikan tes diagnostik awak untuk mengetahui keadaan emosi, psikologis dan pemahaman awal siswa.  Padahal ini sangat penting sebagai pijakan awal saya merancang pembelajaran. Tes diagnostik awal saya ambil saat kegiatan PTM berlangsung. Dari sana saya tau kesalahan saya. Sebagian besar siswa tidak memiliki hp secara mandiri,  selain itu orang tua mereka pasif dalam melakukan pendampingan. Selain itu pengetahuan kognitif mereka terhadap materi sebelumnya sangat rendah. Hal ini dikarenakan saya hanya mengambil materi dari youtube yang notabene tidak sesuai dengan karakteristik siswa saya.  Perlu diketahui saya mengajar di pulau kecil dengan kondisi listrik hanya hidup di malam hari,  dan terkadang susah akan sinyal selain itu pengetahuan mereka sangat rendah. 

Setelah saya mengikuti bimtek ini saya sadar bahwa saya harus membuat materi sendiri sesuai dengan karakteristik siswa saya yang harus telaten dan sabar dalam menyampaikan materi.Sebelum saya merancang pembelajaran, saya membuat materi pembelajaran yang berupa video dengan teknik dubbing. Setelah video materi pembelajaran saya buat saya merancang pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang saya lakukan sebagai berikut :

  1. Menyapa siswa di grup WA

  2. Mengabsen kehadiran siswa di grup WA

  3. Membagikan video yang telah saya buat di google classroom

  4. Melakukan diskusi dengan siswa terkait materi yang belum mereka pahami

Selain itu,  saya juga memberikan tugas pada siswa yang dekat dengan kehidupan mereka sehari-hari.  Misalnya di kelas 9 materi pewarisan sifat saya menugaskan siswa untuk membuat bagan keluarga mereka beserta salah satu sifat misalnya bentuk rambut,  atau warna kulit. 

Siswa mulai aktif mengikuti kegiatan pjj meskipun harus tetap diingatkan. Usulan siswa untuk pelajaran selanjutnya mereka meminta saya untuk menambahkan animasi yang berfungsi untuk memperjelas materi. 

Setelah saya mengikuti bimtek saya menyadari bahwa materi yang saya akan ajarkan pada siswa saya harus sesuai dengan karakteristik dan kognitif mereka. 

Contoh poster praktik baik



Komentar

Popular

Cara membuat LKPD yang menarik beserta contoh templatenya

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu bentuk bahan ajar yang hampir tidak pernah lepas dari kegiatan belajar mengajar. Seorang guru harus mampu membuat LKPD yang menjadi sarana belajar yang efektif sehingga mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa. Selain itu, LKPD yang di buat menjadikan transfer ilmu dari guru ke siswa menjadi lebih efektif dan efisien. Pentingnya LKPD yang Menarik Salah satu penyebab rendahnya motivasi belajar siswa yang rendah yakni desain dan aktivitas dalam LKPD yang menoton.Dari segi desain  LKPD yang  hanya berupa tulisan-tulisan yang menyebabkan siswa merasa bosan dan tidak tertarik dengan tagihan-tagihan yang ada pada LKPD tersebut. Oleh karena itu, diperlukan suatu kreativitas guru untuk membuat LKPD yang menarik bagi siswa dilihat dari segi desain. Tugas-tugas atau tagihan dalam LKPD juga tidak pentingnya untuk membuat LKPD yang menarik. Pada umumnya siswa akan tertarik dengan LKPD yang berbasis hands on activity. Siswa tertarik dengan ta

Download Biologi Champbell edisi 12

Buku Biologi Champbell edisi 12 merupakan edisi terbaru dari versi buku biologi Champbeli sebelumnya. Buku diterbitkan oleh Pearson pada tanggal 9 Mei 2020. Masih anget ya.  Bagi Kalian yang menginginkan versi cetakannya, saat ini tersedia juga di webisite pearson atau di amazon. Versi e-book dari buku ini terdiri dari 1493 halaman yang terdiri dari 8 unit (BAB). Buku Biologi Champbell merupakan buku yang paling banyak digunakan di berbagai perguruan tinggi  di Indonesia, karena digunakan sebagai buku teks  untuk kuliah biologi umum serta sebagai sarana ulasan dan acuan mata kuliah lanjutan. Tidak hanya di perguruan tinggi, buku ini juga sering digunakan sebagai buku referensi untuk mengikuti olimpiade biologi tingkat sekolah menengah. Buku ini memberikan pengetahuan ilmiah  dengan tepat sehingga para pelajar  dapat memahami sains dengan mudah. Bab-bab dalam buku ini mencerminkan bagaimana para ilmuwan di berbagai bidang ilmu biologi memandang ilmu yang mereka tekuni tersebut. Bany

Soal Hots Pemanasan Global

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya tentang langkah mudah membuat soal Hots ada beberapa langkah yang harus di lakukan untuk membuat soal hots. Berikut kami uraikan langkah beserta contoh soal HOTs pada materi pemanasan Global.  1. Mengidentifikasi kompetensi dasar.      Kompetensi Dasar (KD) pada materi pemanasan global ranah pengetahuan sebagai berikut:      3.9 Menganalisis perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem     Kata kerja operasional (KKO) pada KD tersebut yakni menganalisis . Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dan penilaian pada KD tersebut menuntut HOTs. 2. Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)       Berdasarkan KD pada ranah pengetahuan maka disusun IPK dan tujuan pelajaran pada materi pemanasan global sebagai berikut: Menganalisis penyebab pemanasan global (C4) Menganalisis bukti perubahan iklim (C4) Memprediksi dampak perubahan iklim terhadap ekosistem (C5) 3. Mengidentifikasi Fenomena Kehidupan Nyata     Perubahan iklm karena pemanasan global merup