Langsung ke konten utama

Contoh laporan aktulisasi CPNS Guru

Setelah melakukan habitusi peserta LATSAR (Latihan Dasar) CPNS diwajibkan membuat laporan aktualisasi. Setiap peserta pelatihan dituntut untuk mampu mengaktualisasikan substansi materi pembelajaran ANEKA (akuntabilitas,  nasionalisme,  etika publik,  komitmen  mutu,  dan  anti  korupsi)  yang telah dipelajari melalui proses habituasi. Dengan demikian proses pelaksanaan habituasi menjadi landasan dalam penulisan laporan aktualisasi.

Source : Pixabay

Seringkali pembuatan laporan aktualisasi cpns menjadi momok bagi peserta LATSAR CPNS. Mengapa demikian? Peserta hanya mendapatkan waktu dua hari dalam membuat laporan aktualisasi. Pada hari pertama Widyaswara akan memberikan bimbingan pra evaluasi aktualisasi dalam kelompok-kelompok kecil. Pada tahap ini peserta sudah harus menyiapkan draf laporan aktualisasi lengkap dari bab awal sampai lampiran. Sedangkan pada hari selanjutnya peserta LATSAR CPNS diberikan kesempatan untuk menyempurnakan laporan aktualisasi atas dasar masukan dari widyaswara/coach.

Apa yang harus peserta lakukan agar laporan aktualisasi dapat selesai tepat waktu? Beberapa tips yang bisa dilakukan yaitu:

1.   Selama proses habituasi peserta sudah menyicil laporan aktualisasi cpns sesuai dengan tahapan-tahapan kegiatan aktualisasi CPNS yang telah anda racang sebelumnya.

Baca juga : Contoh Rancangan Aktualisasi CPNS

2.     Mendokumentasikan bukti fisik kegiatan aktualisasi CPNS. Bukti fisik tersebut bisa berupa notulen, foto, atau dokumentasi video. Tanpa adanya bukti fisik bisa dibilang hoax dengan kata lain anda tidak melakukan tahapan tersebut. Bukti fisik tersebut nantinya akan di lampirkan dalam laporan aktualisasi CPNS.


 Berikut ini saya jabarkan format laporan aktualisasi CPNS:

HALAMAN JUDUL

LEMBAR PERSETUJUAN LAPORAN AKTUALISASI

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

DAFTAR TABEL

DAFTAR GAMBAR

DAFTAR LAMPIRAN

BAB I PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Penjelasan/ Gambaran umum dari Organisasi Peserta, tentang visi-misi, nilai organisasi, penjelasan tentang pentingnya isue yang diangkat. Dan  disertai dengan penggambaran upaya penanganannya dengan penjelasan  keterkaitannya dengan kompetensi yang akan dibangun

B.     Tujuan dan Manfaat Aktualisasi

Penggambaran pentingnya agenda habituasi (aktualisasi) dalam pelaksanaan Latsar CPNS dan hubungannya dengan profesionalitas  (peningkatan kompetensi) peserta dalam organisasi (unit kerja)

C.     Ruang Lingkup Aktualisasi

Merupakan penjelasan Iingkup bahasan (implementasi), batasan kegiatan aktualisasi yang dirancang oleh peserta (dari sudut pandang 5 W + 1 H) isue dan solusi yang dipakai dalam menyelesaikan masalah (isue)

BAB II GAMBAR LEMBAGA INSTITUSI

A.    Deskripsi Organisasi

Penjelasan /Gambaran singkat tentang Organisasi, Visi Misi , Nilai Organisasisesuai dengan tupoksi organisasi dan kedudukannya dalam penyelenggaraan urusan sektoral.yang ditangani.

B.     Tugas dan Fungsi

Penjelasan singkat tentang TUPOKSI organisasi sesuai dengan aturan per- undangan yang berlaku

C.     Struktur / Susunan Organisasi :

Penjelasan singkat tentang susunan oraganisasi misalnya struktur organisasi sekolah.

D.    Uraian Tugas Jabatan (Peserta)

Bersis penjelasan uraian tugas peserta

BAB III RANCANGAN AKTUALISASI

A.    Identifikasi isu

Merupakan deskripsi (penjelasan) proses pembahasan mutai dari identifikasi (inventarisasi) isue — isue yang muncul dalam pengelolaan kegiatan peserta dalam mewujudkan kinerja (SKP), ditemukannya isue utama yang diangkat sebagai isue pilihan dalam proses rancangan aktualisasi (instrument/tools yang digunakan)

B.     Penetapan Isu

Merupakan deskripsi (penjelasan) tentang isu yang diambil peserta

C.     Gagasan Pemesahan isu

D.   Merupakan deskripsi (penjelasan) proses untuk menemukan suatu gagasan berupa "Kegiatan — Kegiatan " yang telah diyakini sebagai solusi untuk menyelesaikan isue utama yang diangkat dalam rancangan aktualisasi (gagasan penyelesaian Isu)

E. Matrik Rencana Kegiatan

Penggambaran deskripsi (penjelasan) tentang Isue yang diangkat (utama) dan upaya penyelesaiannya (solusi) dalam bentuk tabel/Kolom

F. Jadwal Rencana Kegiatan

Berisi jadwal rencana pelaksanaan kegiatan aktulisasi

BAB IV PELAKSANAAN AKTUALISASI

A.    Deskripsi Rancangan Aktualisasi

Penjelasan selama proses pelaksanaan aktualisasi sesuai dengan kegiatan kegiatan yang telah dirancang dalam merancang aktualisasi dan telah diseminarkan. Penulisan dalam laporan dapat dituangkan dalam bentuk deskripsi terinci atau dengan menggunakan tabel/kolom

B.     Hasil Capaian Kegiatan Aktualisasi

Merupakan penjelasan rinci Palaksanaan Aktualisai dan  Teknik dalam meng-aktualisasikan kegiatan dengan mengedepankan internalisasi nilai-nilai dasar ASN dan pemahaman kedudukan /peran PNS dalam NKRI dan analisa dampaknya terhadap kegiatan yang dilakukan.

C.     Analisis Dampak

Merupakan penjelasan jika nilai-nilai ANEKA tidak diterapkan dalam setiap kegiatan aktualisasi

BAB V PENUTUP

A.    Kesimpulan

Diisi dengan beberapa penjelasan singkat peserta tentang sejauh mana keberhasilan dalam nne;laksanakan agenda Habituasi (aktualisasi) dengan disertai Lesson Learned (pengalaman belajar) yang dapat dipetik selama pelasanaan aktualisasi

B.     Saran

Diisi dengan beberapa saran atau usulan - usulan sebagai tindak lanjut perbaikan bagi organisasi (unit kerja), untuk capaian kinerja yang lebih baik

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

Sebagai contoh laporan aktualisasi CPNS guru dapat di download disini

 

Komentar

Posting Komentar

Popular

Cara membuat LKPD yang menarik beserta contoh templatenya

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu bentuk bahan ajar yang hampir tidak pernah lepas dari kegiatan belajar mengajar. Seorang guru harus mampu membuat LKPD yang menjadi sarana belajar yang efektif sehingga mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa. Selain itu, LKPD yang di buat menjadikan transfer ilmu dari guru ke siswa menjadi lebih efektif dan efisien. Pentingnya LKPD yang Menarik Salah satu penyebab rendahnya motivasi belajar siswa yang rendah yakni desain dan aktivitas dalam LKPD yang menoton.Dari segi desain  LKPD yang  hanya berupa tulisan-tulisan yang menyebabkan siswa merasa bosan dan tidak tertarik dengan tagihan-tagihan yang ada pada LKPD tersebut. Oleh karena itu, diperlukan suatu kreativitas guru untuk membuat LKPD yang menarik bagi siswa dilihat dari segi desain. Tugas-tugas atau tagihan dalam LKPD juga tidak pentingnya untuk membuat LKPD yang menarik. Pada umumnya siswa akan tertarik dengan LKPD yang berbasis hands on activity. Siswa tertarik dengan ta

Download Biologi Champbell edisi 12

Buku Biologi Champbell edisi 12 merupakan edisi terbaru dari versi buku biologi Champbeli sebelumnya. Buku diterbitkan oleh Pearson pada tanggal 9 Mei 2020. Masih anget ya.  Bagi Kalian yang menginginkan versi cetakannya, saat ini tersedia juga di webisite pearson atau di amazon. Versi e-book dari buku ini terdiri dari 1493 halaman yang terdiri dari 8 unit (BAB). Buku Biologi Champbell merupakan buku yang paling banyak digunakan di berbagai perguruan tinggi  di Indonesia, karena digunakan sebagai buku teks  untuk kuliah biologi umum serta sebagai sarana ulasan dan acuan mata kuliah lanjutan. Tidak hanya di perguruan tinggi, buku ini juga sering digunakan sebagai buku referensi untuk mengikuti olimpiade biologi tingkat sekolah menengah. Buku ini memberikan pengetahuan ilmiah  dengan tepat sehingga para pelajar  dapat memahami sains dengan mudah. Bab-bab dalam buku ini mencerminkan bagaimana para ilmuwan di berbagai bidang ilmu biologi memandang ilmu yang mereka tekuni tersebut. Bany

Soal Hots Pemanasan Global

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya tentang langkah mudah membuat soal Hots ada beberapa langkah yang harus di lakukan untuk membuat soal hots. Berikut kami uraikan langkah beserta contoh soal HOTs pada materi pemanasan Global.  1. Mengidentifikasi kompetensi dasar.      Kompetensi Dasar (KD) pada materi pemanasan global ranah pengetahuan sebagai berikut:      3.9 Menganalisis perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem     Kata kerja operasional (KKO) pada KD tersebut yakni menganalisis . Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dan penilaian pada KD tersebut menuntut HOTs. 2. Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)       Berdasarkan KD pada ranah pengetahuan maka disusun IPK dan tujuan pelajaran pada materi pemanasan global sebagai berikut: Menganalisis penyebab pemanasan global (C4) Menganalisis bukti perubahan iklim (C4) Memprediksi dampak perubahan iklim terhadap ekosistem (C5) 3. Mengidentifikasi Fenomena Kehidupan Nyata     Perubahan iklm karena pemanasan global merup